free hit counters
 

TNI AU Bilang Suara Misterius Bukan Dari Pesawat Antonov, Lalu Apa?

Redaksi – Sabtu, 5 Rabiul Akhir 1440 H / 15 Desember 2018 12:00 WIB

Eramuslim.com – TNI AU menyebut suara misterius yang meraung-raung dan didengar warga Pekalongan hingga Kabupaten Semarang bukan pesawat Antonov An-12BP. Menurut TNI AU, pesawat tersebut tidak mungkin mengeluarkan suara seperti yang didengar warga jika berada di ketinggian 22.000 kaki.

Pernyataan tersebut disampaikan TNI AU melalui akun Twitter @_TNIAU untuk menjawab pertanyaan netizen yang menampilkan screenshot Flight Radar 24. Screenshot tersebut menampilkan rute pesawat Antonov An-12BP.

“Nope, pesawat AN-12 milik Ukraina tersebut selama memasuki wilayah udara NKRI selalu termonitor berada di ketinggian 22.000 ft. Dan ukurannya relatif tidak jauh berbeda dengan pesawat C-130 Hercules. Secara teori fisika tidak akan mengeluarkan bunyi seperti yang sedang viral,” tulis TNI AU seperti dilihat detikcom, Sabtu (15/12/2018).

BMKG sendiri menyatakan tak ada fenomena alam dengan suara seperti itu yang terjadi pada Jumat dini hari. Berdasarkan kesaksian warga yang dihimpun detikcom, Jumat (14/12/2018), suara meraung-raung terdengar sekitar pukul 01.00 WIB.

“Menurut info dari BMKG Ahmad Yani belum bisa teridentifikasi. Kalau dari suaranya seperti dengan baling-baling atau propeller,” kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Klimatologi Semarang, Iis Widya Harmoko.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus