Tol Trans Jawa Macet Parah

Eramuslim.com –  Penumpang otobus trayek Jawa Tengah-Jakarta terkatung-katung menunggu kedatangan bus di Terminal Boyolali, Jawa Tengah, Ahad petang, 9 Juni 2019. Akibat kemacetan parah di Tol Trans Jawa, banyak bus terlambat sampai di tujuan.

Seorang penumpang, Dian Yulistuti, mengatakan mereka telah menanti armada yang akan mengangkut ke Ibu Kota selama 12 jam. “Ada (penumpang) dari beberapa PO (perusahaan otobus) yang belum beres (terangkut). Kami tidak mendapatkan informasi yang jelas tentang keterlambatan itu,” ujar Dian kala dihubungi Tempo pada Ahad petang, 9 Juni 2019.

Dian menjelaskan, sedianya bus kelas eksekutif yang membawa dia dan 30-an penumpang lainnya ke Jakarta akan berangkat pukul 10.30 WIB pagi. Agen bus mengabarkan, jadwal keberangkatan ditetapkan lebih awal ketimbang biasanya untuk mengantisipasi macet pada saat puncak arus balik. Adapun pada kondisi normal, bus berangkat setelah tengah hari.

Sesaat sebelum mendekati jam keberangkatan, ia memperoleh pesan pendek dari agen penjual tiket. Pesan itu memuat informasi bahwa jam keberangkatannya ditunda menjadi pukul 18.00 WIB lantaran bus masih tertahan di Cirebon-Brebes.

Penundaan kembali terjadi setelah Dian tiba di kios agen bus menjelang pukul 18.00 WIB. “Kami menunggu sampai pukul 19.00 WIB, bus tidak juga datang,” ucapnya.