Tol Trans Jawa Macet Parah

Akibat ketidakjelasan ini, penumpang mulai resah. Musababnya, pertanyaan penumpang kepada pihak agen ihwal alasan penundaan keberangkatan tidak kunjung terjawab.

Selain itu, agen atau terminal juga tak memberikan informasi gamblang terhadap keberadaan bus. “Kami tidak tahu posisi bus kami berada di mana, terjebak macet di mana,” ucap petugas bus ketika ditanya penumpang.

Adapun armada yang terlambat menjemput penumpang itu merupakan bus dari PO Agramas, Laju Prima, Baladika, Sindoro, Sudiro, dan Satriamas. Bus Laju Prima akhirnya datang pada Senin dinihari pukul 01.25 WIB.

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi mengatakan keterlambatan armada bus yang menjemput penumpang ditengarai terjadi karena adanya perlambatan ritase bus. Kondisi ini merupakan imbas adanya kemacetan di sejumlah titik.

“Mungkin agak terlambat karena memang pada puncak arus balik ini terjadi sejumlah kemacetan,” ujar Budi kala dihubungi Tempo, Ahad petang, 9 Juni 2019.

Budi Setiyadi mengatakan, semestinya masing-masing PO telah memiliki bus cadangan yang disiagakan bila kedatangan bus tak sesuai jadwal. Selanjutnya, Budi akan melakukan pendalaman terkait keluhan penumpang tersebut.

Ahad malam 9 Juni 2019, sekitar 18 juta pemudik ditengarai kembali ke DKI Jakarta, Banten, dan kawasan Bandung Raya. Sebanyak 14,9 juta pemudik di antaranya akan masuk ke Jakarta dan kota-kota mitra sekitarnya. Angka tersebut belum terhitung dengan potensi pendatang baru.[tempo]