UAS Mundur Dari PNS UIN Suska, Ini Alasannya

Eramuslim – Ustaz Abdul Somad Batubara (UAS) mengundurkan diri sebagai PNS Universitas Islam negeri (UIN) Sultan Syarif Kasim (Suska) Pekanbaru. Apa alasannya?

Kabar mengejutkan ini dibenarkan oleh Kepala Biro Administrasi Umum Perencanaan keuangan dan Kepegawaian UIN Suska Pekanbaru, Prod DR Ahmad Supardi. Ahmad mengatakan, surat resmi pengunduran diri UAS sudah diterima pihak kampus.

“Iya ini ada surat resminya,” kata Ahmad dalam perbincangan dengan detikcom, Selasa (15/10/2019).

Surat pengunduran diri UAS, sambung Ahmad, tidak diserahkan langsung oleh ustaz kondang tersebut. Melainkan diserahkan oleh orang dekat UAS ke kampus.

“Tidak (bukan UAS langsung). Surat itu diserahkan melalui orang dekatnya. Selembar surat saja, di atas meterai Rp 6.000,” kata Ahmad.

Ahmad tidak bisa menyebutkan secara pasti kapan surat pengunduran diri UAS tersebut. Namun, yang pasti surat pengunduran diri ustaz yang sedang berkuliah S3 di Sudan ini sudah diterima Rektorat UIN Pekanbaru.

Ahmad mengatakan, surat pengunduran diri UAS belum dilaporkan ke Kementerian Agama (Kemenag). Sebab, hingga saat ini, surat itu masih diproses di pihak rektorat.

“Belum (Kemenag). Inikan sedang kita proses sekarang, iya (masih) di internalnya UIN,” kata Ahmad.

Lantas apa alasan UAS undur diri sebagai PNS?

Ahmad menerangkan, berdasarkan surat pengunduran diri UAS disebutkan, alasannya karena kesibukan.

“Dalam surat pengunduran diri UAS menyebutkan karena kesibukan,” kata Ahmad.

Ahmad mengatakan saat ini UAS banyak berdakwah di berbagai wilayah Indonesia, bahkan sampai ke luar negeri. Kondisi tersebut membuatnya tidak bisa memenuhi jam mengajar di kampus UIN Pekanbaru.