free hit counters
 

UPZ BAZNAS Malaysia Kembali Bantu Mahasiswa Indonesia

Adityanugroho – Jumat, 8 Mei 2009 09:21 WIB

Unit Pelayanan Zakat (UPZ) BAZNAS Malaysia kembali memberikan bantuan beasiswa zakat kepada para mahasiswa Indonesia yang sedang belajar di Malaysia melalui PPI (Persatuan Pelajar Indonesia) se-Malaysia. Hingga saat ini, UPZ telah memberikan bantuan beasiswa zakat dalam dua gelombang dengan total penerima berjumlah 37 orang.Hal tersebut merupakan realisasi atas penandatangan MoU antara UPZ dan PPIM pertengahan Agustus 2008 lalu.

Ketua UPZ Raditya Sukmana merasa bersyukur atas kerjasama yang dilakukan selama ini, karena PPIM sangat berperan di dalam membantu proses pendistribusian zakat. “Seleksi yang dilakukan sangat ketat dan bertahap. PPI sangat membantu kami dalam proses seleksi awal,” kata Raditya. Ia menambahkan, dengan adanya proses seleksi awal oleh PPI di tiap kampus, maka tugas UPZ menjadi lebih mudah. “Tugas relatif menjadi lebih ringan, apalagi para pengurus UPZ memiliki keterbatasan sehingga tidak mampu menjangkau semua kampus yang ada,” lanjut Raditya. Ia pun menegaskan bahwa secara fikih dan secara UU, bantuan bagi mahasiswa telah memenuhi syarat karena mahasiswa dapat dikategorikan ke dalam beberapa kelompok ashnaf (penerima zakat), yaitu antara lain fakir, miskin, fi sabilillah (berjuang di jalan Allah), atau gharimin (memiliki utang). Selain mahasiswa, UPZ juga sangat concern dengan para TKI/TKW yang kurang mampu.

Sementara itu Ketua PPI Malaysia Irfan Syauqi Beik juga merasa bersyukur dengan adanya komitmen kerjasama di antara kedua lembaga tersebut. “Alhamdulillah hingga saat ini, total bantuan yang disalurkan kepada mahasiswa via PPIM dan jaringan PPI cabangnya, telah mencapai angka hampir RM 20 ribu, atau sekitar Rp 65 juta,” ujar Irfan. “Kami menargetkan agar jumlah itu bisa mencapai angka RM 30 ribu, atau sekitar Rp 96 juta, dengan pembukaan beasiswa zakat Gelombang 3,” lanjut Irfan.Ditambahkannya, pada gelombang ketiga ini PPIM mengusahakan ada tambahan beasiswa bagi 20 orang mahasiswa, sehingga totalnya menjadi 60 orang. “Ini merupakan bukti kepedulian dan komitmen PPIM untuk berusaha mencarikan sumber yang dapat meningkatkan kesejahteraan mahasiswa,” ujar Irfan.

Khusus gelombang ketiga ini, pendaftaran beasiswa zakat akan ditutup pada tanggal 25 Mei 2009. Informasi selengkapnya dapat dilihat di website resmi PPIM yaitu www.ppimalaysia.org.

Berita Nasional Terbaru