Usai Liput Pemilu, Wartawan di Padang Terserang Penyakit Langka

Kondisi yang menimpa Primadoni ini, menyita perhatian Wakil Gubernur Sumatera Barat Nasrul. Selasa kemarin, Nasrul Abit menyempatkan diri mendatangi rumah kediaman Primadoni. Nasrul Abit datang bersama dengan Kepala Dinas Kesehatan Sumbar Merry Yuliesdai, dan tiga orang Dokter ahli saraf.

“Di balik kerja keras peliputan dalam pemilu. Doni wartawan Sumbar, sepulang monitoring pemilu dengan Bawaslu Sumbar di Dhamasraya, tiba-tiba kaki dan tangannya tak ada tenaga untuk difungsikan. Kasihan sekali saat ini Doni hanya bisa duduk atau tidur. Ada istrinya yang sehari-hari ibu rumah tangga dan dua anak yang masih sangat kecil,” kata Nasrul Abit.

Nasrul Abit menambahkan kedatangannya tidak hanya melihat dan memberikan support kepada Primadoni. Namun, lebih dari itu yakni untuk memastikan jenis penyakitnya. Untuk mengobati Doni, pilihan sangat sulit, satu alat di RSUP M Djamil tak di cover BPJS dengan biaya fantastis.

Satu alat lainnya, sedang rusak. Sementara ada saran berobat dengan rujukan ke RSCM Jakarta. Tentu berobat ke RSCM bukan hal sederhana. Satu-satu nya yang bisa dilakukan dalam waktu dekat adalah physiotherapy di RSUP M Djamil.

Terserang Guillain-Barre Syndrome

Sementara itu, Dedi Sutia salah satu Dokter ahli syaraf menyebutkan kalau berdasarkan hasil pengamatan sementara, Primadoni di diagnosa mengidap penyakit Guillain-Barre syndrome (GBS). Penyakit ini terbilang langka, yang diserang adalah jaringan saraf kaki dan tangan hingga tak bisa digerakan.

“Guillain-Barre syndrome adalah sebuah gangguan sistem kekebalan tubuh yang menyerang saraf. Lemah dan kesemutan pada kaki, biasanya menjadi gejala yang paling awal. Dalam bentuk yang paling parah, sindrom ini adalah darurat medis yang membutuhkan perawatan secara inap,” ujar Dedi Sutia.

Dedi menjelaskan Guillain-Barre syndrome ini terdiri dari beberapa jenis. Tentu, kita harus mencari tahu dulu ini bagian dari lembaran jenis yang mana sehingga kita dapatkan penanganan yang lebih spsifik dan perkiraan kemungkinan akan kesembuhan terhadap pasien.

Salah satu langkah yang akan diambil saat ini adalah, melakukan sejumah pemeriksaan terhadap pasien. Disamping iu, juga akan melakukan rehabilitasi motorik atau physiotherapy untuk megembalika kekuatan motoriknya.

“Kita sarankan juga ke Jakarta untuk memastikan diagnosis tipe atau jenis dari Guillain-Barre syndrome ini,” tutur Dedi Sutia. [vv]


AKAN TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood. Akan terbit insyaAllah ditanggal 25 Mei 2019. Harga PreOrder Rp 85.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb