Ust Abdul Somad Kini Bergelar “Datuk Seri Ulama Setia Negara”

Eramuslim – Lembaga Adat Melayu Riau menabalkan gelar adat “Datuk Seri Ulama Setia Negara” kepada Ustadz Abdul Somad (UAS) di Balai Adat Melayu, Selasa (20/2). Gelar ini menjadi penegasan UAS bukan Anti-NKRI.

UAS dalam pidato pantunnya menyebutkan dalam berdakwah sering mendapatkan perlakuan yang tidak mengenakkan. Bahkan tuduhan Anti-NKRI dialaminya saat melaksanakan tugas dakwah di Pulau Dewata. Juga pernah dideportasi dari Hongkong (RRT) yang dikesankan sebagai teroris.

“Tanah Melayu mengajarkan wajib mencintai tanah air. Sejumlah tokoh dan pejuang Riau sudah berkorban merebut dan mendukung kemerdekaan. Seperti Sultan Siak Syarif Kasim II di awal kemerdekaan pernah menyumbangkan uang senilai 13 juta gulden Belanda kepada pemerintah RI,” tegas UAS menyebutkan soal sifat orang melayu.

Gubernur Riau yang diwakili Sekda, Ahmad Hujazi menegaskan UAS seorang yang setia pada negara sesuai dengan gelar adat Datuk Seri Ulama Setia Negara. Selain itu UAS juga telah mengangkat kehormatan Melayu.

Ketua Majelis Kerapatan Adat (MKA) Lembaga Adat Melayu (LAM) Riau, Datuk Seri Al azhar mengungkapkan UAS merupakan ulama yang bangga menyebut dirinya sebagai ‘Orang Melayu Riau.’ Ayah dan ibunya merupakan gabungan Pelalawan (Riau) dan Asahan (Sumut) yang tak perlu diragukan lagi kecintaannya pada Indonesia. Sebab, kedua wilayah itu sejak lama memiliki hubungan ke-Islaman dengan bangsa Indonesia yang begitu kuat hingga saat ini.