Ustaz Abdul Somad Didapuk Jadi Warga Kehormatan Betawi

Eramuslim.com – Penceramah kenamaan Ustaz Abdul Somad atau UAS resmi didapuk sebagai warga kehormatan Betawi oleh tokoh muda Betawi, Muhammad Rifky atau yang biasa disapa Bang Eki Pitung.

Penganugerahan tersebut dilangsungkan di Taman Benyamin Sueb atau Pusat Kebudayaan Betawi di Jalan Jatinegara Timur, Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (17/6).

Peresmian warga kehormatan Betawi tersebut ditandai dengan penyematan cukin Betawi dan peci merah oleh Eki Pitung. UAS mengaku sangat senang diangkat sebagai warga kehormatan Betawi.

“Saya minta maaf selama ini datang ceramah tausiah di Jakarta ternyata saya belum pernah sowan kepada pemilik tanah Betawi,” kata UAS diberitakan Kantor Berita RMOLJakarta.

UAS mengatakan, dengan memakai cukin Betawi dan peci merah, dirinya merasa terhormat diterima sebagai warga Betawi. UAS secara khusus juga mengucapkan selamat ulang tahun kepada Kota Jakarta yang akan menginjak usia 494 tahun pada lima hari mendatang.

Menurut UAS, Melayu dan Betawi masih satu rumpun. Selain itu, UAS mengaku bahagia bisa bertemu dengan Eki Pitung yang merupakan keturunan legenda jawara Betawi Si Pitung.

Di tempat yang sama, Eki Pitung mengatakan, dengan penyematan cukin Betawi dan peci merah, maka UAS sah menjadi warga kehormatan Betawi.

“Hal yang sama juga sudah kami berikan buat Pak Anies Baswedan (Gubernur DKI Jakarta),” kata Eki yang juga Ketua Umum Ikatan Silat Betawi Indonesia (ISBI) ini.

Eki Pitung juga meminta maaf karena tidak banyak tokoh Betawi dan pengurus Bamus Betawi yang datang. Pasalnya kedatangan UAS terbilang mendadak dan juga pandemi Covid-19 di Jakarta kembali meningkat.

“Acara ini menerapkan prokes ketat,” demikian Eki yang juga menjabat Wakil Ketua Umum Bamus Betawi ini.(RMOL)