Ustaz Adi Hidayat Ungkap Hakikat Utama Salat Jumat, Bukan untuk Formalitas, Tapi …

eramuslim.com – Hari Jumat atau sayyidul ayyam memiliki keistimewaan sendiri dibanding hari-hari lainnya. Jumat adalah rajanya hari di sisi Allah. Bahkan Jumat juga disebut lebih agung dari hari raya Idul Fitri dan Qurban.

Namun tak banyak orang, khususnya umat muslim yang mengetahui keutamaan Jumat yang spesial. Seperti yang telah disabdakan Baginda Rasulullah SAW, dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah.

“Sebaik-baik hari di mana matahari terbit di saat itu adalah hari Jumat. Pada hari ini Adam diciptakan, hari ketika ia dimasukkan ke dalam surga dan hari ketika ia dikeluarkan dari surga. Dan hari kiamat tidak akan terjadi kecuali pada hari Jumat” (HR Muslim).

Dengan suara lantang, Ustaz Adi Hidayat mengingatkan bahwa Jumat yang benar kata Allah bukan Jumat yang sekedar datang ke masjid untuk formalitas, datang untuk sekedar duduk, dan mendengarkan khutbah.

“Kadang-kadang mengantuk, bahkan ada yang tertidur lantas pulang begitu saja,” ujarnya dikutip dari laman YouTube pribadinya, Jumat (3/6/2022).

Bukan itu yang diinginkan kata Al Quran, bukan Jumat seperti itu kata Allah yang didambakan. Ustaz Adi mengatakan, tujuan utama Jumat adalaha Fas’au Ila Dzikrillah atau berzikir dan mengingat Allah SWT.

“Sekian pekan kita menunaikan Jumat. Ratusan ribuan kali kita bertemu Jumat. Tujuan utamanya bi zikrillah,” tegasnya. [Fajar]