Uzbekistan Bikin Film Dokumenter Imam Bukhari, Ada Adegan Bung Karno

Eramuslim.com – Pemerintah Uzbekistan dalam waktu dekat akan memproduksi film dokumenter terkait tokoh Muslim dan ulama ahli hadis termasyhur, Imam Bukhari. Menariknya, akan ada adegan saat Presiden RI pertama Soekarno atau Bung Karno,uang berkunjung ke makam Imam Bukhari pada 1956.

Untuk itu, melalui Duta Besar Uzbekistan untuk Indonesia, Ulugbek Rozukulov, menemui pimpinan PDI Perjuangan. Sekjen Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Bidang Luar Negeri Ahmad Basarah, menemui dan memberi masukan soal Bung Karno ketika ke makam Imam Bukhari tersebut..

“Saya mewakili pemerintah Uzbekistan dan pihak swasta yang akan memproduksi film itu meminta izin kepada Ibu Megawati Soekarnoputri terkait scene atau adegan Bung Karno, dan tokoh yang akan memerankan Bung Karno saat momen Bung Karno mengunjungi makam,” kata Dubes Rozukulov dalam keterangan tertulis yang diterima VIVA, di kantor DPP PDIP, Jakarta, Kamis 1 April 2021.

Rozukulov menjelaskan bahwa Imam Bukhari merupakan tokoh ilmu pengetahuan yang revolusioner dan berasal dari Uzbekistan. Lanjut dia, banyak ilmuwan Islam terkenal di dunia memang dari Uzbekistan, negara yang banyak dikenal sebagai jalur sutera perdagangan tersebut.