[Video] Alasan BPN Tak Ungkap Data Kecurangan Saat Rapat Rekapitulasi KPU

Eramuslim – Juru Bicara Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno, Andre Rosiade membeberkan alasan kubunya tidak mengungkapkan data kecurangan saat rapat pleno rekapitulasi bersama Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Dilansir oleh TribunWow.com, alasan itu disampaikan Andre melalui sambungan telepon dalam acara Kompas Petang, Selasa (15/5/2019).

Mulanya pembawa acara menanyakan kepada Andre terkait rapat pleno rekapitulasi oleh kedua kubu 01, Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dan kubu 02, Prabowo-Sandi di kantor KPU.

“Kalau memang ada kecurangan mengapa pada saat proses rekapitulasi nasional yang berlangsung di KPU sampai saat ini tidak ada perdebatan atau argumentasi yang disampaikan oleh kubu BPN?” tanya pembawa acara.

Andre menjelaskan bahwa setelah mensosialisasikan dugaan adanya kecurangan, baru kemudian akan dilaporkan ke Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu).

“Jadi kecurangan ini kami ungkap dulu kepada publik, biar publik tahu,” ujar Andre.

“Kami sudah siap, di (rapat pleno) rekapitulasi percuma,” sambunnya.

Sebab sepengetahuannya, jikalau data kecurangan disampaikan saat rapat, hanya akan dicatat saja tanpa ada tindak lanjut.

“Lebih baik kami ungkap kepada rakyat, habis itu data ini kami bawa ke Bawaslu,”

“Supaya Bawaslu berani dan rakyat tahu, bahwa ini ada kecurangan yang luar biasa,” sambungnya.

Andre kemudian mencontohkan adanya kecurangan terkait Daftar Pemilih Tetap (DPT) ketika pemilihan kepala daerah (pilkada) di Provinsi Jawa Timur.