Viral Foto Komodo Hadang Truk Proyek Wisata di Pulau Rinca, Netizen Kecam Jokowi

Ia pun skeptis apakah pembangunan tersebut benar-benar suatu keputusan yang terencana atau rencana yang impulsif karena momentum saja.

“Jokowi sendiri mungkin tak banyak paham tentang konservasi komodo jika hanya mengandalkan satu-dua kali kunjungan saja,” katanya.

“Dalam kunjungan kedua itu, kita mudah melihat siapa yang memfasilitasi Jokowi saat itu (bdk, kapal, tempat nginap, dan orang-orang yang mendampingi). ? Presiden yang terobsesi dengan investasi apalagi yg menjual “kesejahteraan” masyarakat, tentu sangat antusias dg rencana itu. Padahal konsekuensinya banyak,” lanjutnya.

“Melihat foto ini, dalih zona pemanfaatan hanyalah alibi semata. tahapan proses pembangunan ini saja, sdh jelas mengabaikan prinsip konservasi, apalagi bangunan dan model pengelolaan,” Gregorius menambahkan.

Adapun salah satu kawasan yang akan terkena dampak KSPN Super Prioritas Labuan Bajo adalah Pulau Rinca di Kabupaten Manggarai Barat, tempat foto tersebut dijepret.

Selain foto tersebut, Gregorius juga membagikan video yang menampilkan truk berjalan di mana seekor komodo berada di tepi tebing.

Video dan foto tersebut pun tak ayal membuat netizen ramai mengecam pemerintahan Jokowi.

“Miris banget, Taman Nasional yang harusnya dijaga keasliannya, malah dibangun, melanggar prinsip konservasi,” kata seorang netizen berkomentar.

“dari terjadinya kebakaran di pulau rinca trs katanya mau dibangun resort sampe gw isi petisi ttg #savekomodo  eh skrng mau dibikin jurassic park,” kata yang lain.