Vox Populi: Pasangan Asyik Menang Di Pilgub Jabar

Eramuslim.com – Tingkat elektabilitas pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat, Sudrajat-Ahmad Syaikhu (Asyik) menempati urutan pertama di jajak pendapat yang diselenggarakan oleh Vox Populi Survei pada 17 Mei hingga 27 Mei 2018 lalu.

Koordinator Vox Populi Survei, Chaerudin Affan menjelaskan, survei ini mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error sebesar -/+ 1,88 persen dengan tingkat kepercayaan survei 95 persen.

Survei ini melibatkan 2.717 responden yang tersebar di 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat secara proposional sesuai prosentase DPT di Jawa Barat.

Hasilnya, lanjut dia, pasangan Asyik menempati urutan pertama dengan 27.4 persen memilih mereka.

“Urutan kedua pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi 25,4 persen, disusul Ridwal Kamil – Uu Ruzhanul Ulum 18.6 persen, Tubagus Hasanuddin – Anton Charliyan 17.3 persen dan belum memilih sebanyak 11.3 persen,ā€ tambah Chaerudin dalam keterangan pers yang diterima wartawan di Jakarta, Rabu (13/6).

Vox Populi Survei juga mencari tahu soal penilaian responden mengenai kapabilitas dari pasangan calon. Hasilnya, pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu unggul dengan 83,7 persen.

“Disusul Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 77,8 persen, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 74,2 persen dan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 67,8 persen,” lanjutnya.

Pasangan Sudrajat-Ahmad Syaikhu, kata dia, juga menjadi jawara untuk tingkat akseptabilitas. Yang mana mereka mengungguli pasangan lain dengan 88,9 persen. Angka itu tak jauh beda dengan tingkat elektabilitas pasangan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 86,3 persen.

“Lalu Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 68,8 persen, dan Ridwal Kamil-Uu Ruzhanul Ulum 61,6 persen,” imbuhnya.