Wagub DKI Imbau Masyarakat Tidak Berikan Sumbangan Langsung ke Pengemis

Eramuslim – Bulan Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi umat Islam. Akan tetapi, hal ini kerap dimanfaatkan sebagian orang untuk mengambil kesempatan dengan meminta-minta di pinggir jalan atau tempat-tempat umum lainnya.

Menanggapi fenomena tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengimbau agar masyarakat DKI Jakarta tidak memberikan sumbangan langsung kepada para pengemis yang meminta-minta di jalanan.

“Ya itu sudah saya sampaikan bahwa, saya imbau kepada warga untuk tidak memberikan. Karena kan kalau memberikan semakin banyak yang datang,” ujar Sandiaga di Balaikota DKI Jakarta, Jalan Merdeka Selatan, Jakarta, Rabu (23/5).

Menurutnya, jika masyarakat memberi terus, maka akan membuka kesempatan bagi pengemis tersebut untuk memanggil teman-temannya dari luar daerah datang.

Untuk itu, Sandi menganjurkan agar masyarakat memberikan zakatnya melalui lembaga-lembaga resmi. Jika masyarakat menyalurkan bantuan melalui lembaga penyaluran zakat maka bantuan tersebut dapat dipergunakan dengan baik.

“Mohon masyarakat menyalurkannya kepada organisasi-organisasi yang memiliki kompetensi. Dompet Dhuafa, Aksi Cepat Tanggap, Rumah Yatim, dan sebagainaya,” tutup Sandi. (rmol)