Wagub DKI Kembali Temukan Proyek Mangkrak Era Gub Ahok

Eramuslim – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan adanya proyek apartemen mangkrak di lahan PD Pembangunan Sarana Jaya di Pondok Kelapa, Duren Sawit, Jakarta Timur. Politisi Gerinda ini menyebut proyek apartemen tersebut telah ada sebelum dirinya dan Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta.

Diketahui proyek apartemen telah ada sejak 2015, dimana Ahok dan Djarot memegang tampuk pemerintahan Jakarta pada saat itu.

“1,5 hektare-nya dikerjakan oleh pemerintah sebelumnya. Kita nggak usah saling menyalahkan karena menyalahkan itu akhirnya nanti membuat kita terpecah belah,” ujar Sandi seperti dilansir republika, Minggu (21/1).

Lebih lanjut Sandi menjelaskan bahwa apartemen yang hingga kini belum terbangun itu beda tempat dengan rumah susun uang muka atau down payment (DP) nol rupiah. Meski di lokasi yang sama, rumah DP nol tidak menempati lahan apartemen yang direncanakan era Ahok.

Proyek yang mangkrak itu adalah kerjasama antara PD Pembangunan Sarana Jaya dan pengembang swasta. Sandi menyebut banyak kendala dalam pembangunan sehingga sampai saat ini belum ada perkembangan terkait pembangunan apartemen.

Sandi mengatakan, lahan seluas 2,9 hektare itu seluruhnya milik PD Pembangunan Sarana Jaya yang merupakan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemprov DKI. Rumah susun DP nol rupiah menggunakan lahan 1,4 hektare di luar lahan apartemen tersebut

Wagub Sandi sendiri meminta polemik ini tidak diperpanjang apalagi berujung pada saling menyalahkan dengan pemerintah sebelumnya. (Ip/Ram)