Wagub Jakarta Minta Gedung di Sudirman Sediakan 20% Lahan Untuk Usaha

Eramuslim – Perhelatan Asian Games 2018 tinggal beberapa pekan lagi. Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengatakan, Pemprov DKI akan menata Pedagang Kaki Lima (PKL) untuk direlokasikan ke dalam gedung perkantoran saat perhelatan Asian Games.

Sandi mewajibkan gedung-gedung di kawasan Sudirman menyediakan 20 persen lahan untuk usaha kecil menengah. Sehingga, para PKL tidak mengganggu lalu lintas dan aktivitas pejalan kaki selama perhelatan Asian Games.

“Kebetulan gedung-gedung tersebut juga memiliki kewajiban untuk menyediakan 20 persen untuk usaha kecil dan menengah usaha mikro,” kata Sandi di Kantor Menko PMK, Jalan Merdeka Barat, Kamis (12/7).

Selain itu, Sandi juga menginginkan PKL diberikan tempat khusus untuk berjualan di sekitaran venue olahraga atau pun Wisma Atlet. Menurutnya, kehadiran PKL karena tingginya permintaan dan pasar yang menguntungkan bagi masyarakat.

“Kita ingin mereka juga memberikan khusus pada saat-saat Asian Games ini tempat berusaha bagi para UMKM yang ada di wilayah venue maupun di wilayah perkampungan atlet atau atlet village,” kata dia.

Selain itu, peremajaan trotoar Sudirman-Thamrin ditargetkan berfungsi pada akhir Juli. Saat ini, pengerjaan sedang dipercepat untuk mengejar target sebelum pembukaan Asian Games.

“Mengenai trotoar kita sudah sampaikan juga koridor utama Sudirman-MH Thamrin itu akan selesai 22 Juli dan trotoar itu sudah difungsionalkan 31 Juli. Jadi ini akan kita kejar sesuai dengan target,” tutupnya. (kmpr)