Wagub Sandi Sudah Temukan Lahan Untuk Rumah DP Nol Rupiah

Eramuslim – Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Salahuddin Uno mengaku telah menemukan lahan untuk membangun rumah dengan uang muka nol Rupiah.

“Untuk rumah DP Rp 0 sekarang lagi digodok. Lahannya sudah teridentifikasi, tapi kami belum bisa rilis dan itu yang menjadi sesuatu yang sangat ditunggu warga,” ujar Sandiaga di Jakarta, Senin (6/11).

Sandi menerangkan bahwa Pemprov DKI akan segera merilis begitu kebijakannya telah selesai dan bisa diumumkan tanpa menimbulkan spekulasi.

“Kalau misalnya dari swasta yang sudah diberikan ke kita, hampir 80 persen ke atas rumah susun yang tinggi ke atas. Kalau yang untuk penataan banyaknya rumah yang intensitasnya rendah, di bawah delapan lantai,” ujar Sandiaga.

Program DP Rp0 adalah kredit murah berbasis tabungan bagi masyarakat berpenghasilan menengah ke bawah.

Program ini mengganti prasyarat DP (uang muka) yang sangat mahal, dengan prasyarat lain untuk memastikan pembayaran kredit yang lebih dapat dipenuhi oleh warga.

Program ini adalah salah satu dari tema sentral yang paling disorot selama kampanye Pilkada lalu, dan kini menjadi salah satu titik perhatian publik mengenai bagaimana gubernur dan wakil gubernur sekarang dapat mewujudkannya. (Tsc/Ram)