Wakil Ketua DPR; KKN Sekarang Lebih Dahsyat Dibanding Orde Baru

Eramuslim – Wakil Ketua DPR Fadli Zon memiliki pandangan lain soal kondisi negara saat rezim Orde Baru dibawah kendali Soeharto.

“Menurut saya Pak Harto itu presiden paling berhasil indikator-indikatornya jelas, dari sisi ekonomi misalnya dari tahun 75 ke tahun 95 menurunkan absolute poverty atau kemiskinan absolut dari 75 persen ke angka 11 persen,” kata Fadli di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/5).

Fadli mengakui, saat Soeharto berkuasa pertumbuhan ekonomi Indonesia sangat berhasil, dengan pertumbuhan di angka 7 sampai 8 per tahun.

 

“Inflasi kita luar biasa waktu itu sampai ratusan persen jadi angka kemis.kinan pengangguran dengan trilogi pembangunan pertumbuhan pemerataan dan stabilitas nasional saya kira orde baru banyak berhasil,” akuinya.

Hanya saja, kata ia, ada sisi kekurangannya pada saat Soeharto berkuasa, seperti kebebasan berpolitik, kebebasan berpendapat. Jadi, terangnya, setiap rezim pasti ada kelebihan dan kekurangan.

“Tapi dari sisi ekonomi pemerintah Orde Baru dulu sukses. Tentu ada korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN), tapi sekarang juga lebih dahsyat kok dari zaman itu, korupsi kolusi nepotisme lebih dahsyat,” tandasnya.(tsc)