Wakil PM RRC Temui Jokowi, Bahas Kesepakatan Penggunaan Mata Uang Cina

jokowi china pmEramuslim.com – Wakil Perdana Menteri (PM) Cina Yang Jiechi menemui Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk membahas peningkatan kerja sama bilateral di sektor ekonomi. Menurut pantauan Antara di Istana Merdeka pada Senin (9/5) siang, rombongan Pemerintah Cina tiba di istana pada sekitar pukul 13.30 WIB.

Jiechi menyampaikan kepada Jokowi, pemerintahnya berkeinginan untuk membahas peningkatan kerja sama ekonomi yang lebih luas bersama Indonesia. Dia mengatakan, rombongan yang sebagian besar merupakan menteri dan pejabat di bidang ekonomi telah mendapatkan pemaparan mengenai potensi kerja sama dengan Indonesia saat bertemu Menko Perekonomian Darmin Nasution.
Sejumlah pejabat Cina yang hadir antara lain Dubes Cina untuk Indonesia Xie Feng, Wakil Menteri Luar Negeri Cina Liu Zenmin, Wakil Menteri Pertanian Cina Yu Kangzhen, Wakil Menteri Perdagangan Cina Gao Yan, dan Wakil Ketua Komisi Reformasi serta Pembangunan Nasional Cina Wang Xiaotao.
Sementara itu, sejumlah menteri Indonesia yang mendampingi Presiden Jokowi dalam pertemuan antara lain Menko Darmin, Menko Polhukam Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.
Sebelum menemui Presiden, delegasi Cina telah melakukan pertemuan dengan Menko Darmin di Hotel Borobudur, Jakarta. Pada pertemuan tersebut, pihak Cina menyampaikan rencana pembentukan “China Desk” di Kantor Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) serta rencana kesepakatan penggunaan mata uang Cina, Renmimbi. Selain itu, Indonesia juga akan membentuk Pusat Promosi Investasi Indonesia di Negeri Tirai Bambu.(ts/rol)