Warga India Resah, WHO Belum Juga Setujui Izin Penggunaan Vaksin Buatan Dalam Negeri

Warga India Resah, WHO Belum Juga Setujui Izin Penggunaan Vaksin Buatan Dalam Negeri

Eramuslim.com – Penggunaan vaksin buatan dalam negeri membuat India menjadi salah satu negara dengan cakupan vaksin Covid-19 tertinggi di dunia.

Sayangnya, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) hingga saat ini belum juga menyetujui izin penggunaan darurat Covaxin buatan Bharat Biotech.

Hal ini membuat jutaan orang India yang telah disuntik dengan vaksin COVID-19 buatan India itu mengeluhkan aturan perjalanan di sejumlah negara yang belum mengakui vaksin tersebut.

“Saya tak bisa terus berdiam diri seperti ini,” kata seorang warga bernama Sugathan, 57 tahun, dikutip dari ANTARA.

Dia kembali ke tengah keluarganya di desa Pandalam, Kerala, pada Januari setelah melewatkan pemakaman ayahnya tahun lalu ketika pandemi mengganggu penerbangan.

“Saya punya pilihan untuk pergi ke Saudi dan menerima (dosis tambahan) Covishield setelah karantina empat hari, tapi saya tidak yakin dengan efeknya pada kesehatan saya,” kata Sugathan, merujuk pada vaksin AstraZeneca.

“Jika izin Covaxin tak diberikan, saya akan ambil risiko untuk pergi dan menerima vaksin yang disetujui Saudi,” katanya sambil duduk di rumahnya yang luas dan menghadap sawah.