free hit counters
 

Soal Sindiran Kartun Jepang, Wartawan Senior: Pemerintah Harus Ambil Hikmahnya

zahid – Minggu, 25 Februari 2018 17:30 WIB

Eramuslim – Sindiran kartunis asal Jepang, Onan Hirosi, cukup tepat melihat mangkraknya proyek Kereta Api Cepat Jakarta-Bandung. Dalam kartunnya, Hiroshi menggambarkan Indonesia  sebagai “pengemis kereta api cepat”.

Pendapat itu disampaikan wartawan senior Rene Pattiradjawane menyikapi kartun sindiran Onan Hirashi yang menjadi viral.

Rene bahkan meminta Presiden Jokowi untuk membatalkan proyek KA Cepat Jakarta-Bandung. “Seorang kartunis Jepang @hiroshionan menggambarkan Indonesia apa disebutnya 高速鉄道乞食 (Kōsoku tetsudō kojiki, pengemis kereta api cepat), sindiran tepat melihat mangkraknya proyek HSR JKT-BDG…mungkin Presiden @jokowi harus nyatakan batal proyek ini, tidak ada manfaat diteruskan,” tegas Rene di akun Twitter @renepatti.

Sementara presenter televisi Agung Izzulhaq di akun Twitter @agungizzulhaq menulis: “Beginilah persepsi sang kartunis Jepang tentang negeriku……kalau ada yang jago bahasanya silakan dilabrak.”

Onan Hiroshi pada 21 Februari 2018, di akun facebook memposting karikatur dengan gambar Presiden RI Joko Widodo, Presiden China Xi Jinping, dan PM Jepang Shinzo Abe, terkait proyek kereta cepat.

Dalam karikatur itu Onan membubuhkan caption/tulisan dalam bahasa Jepang 高速鉄道乞食 atau “Pengemis kereta berkecepatan tinggi”. (It/Ra,)

loading...

Berita Nasional Terbaru

blog comments powered by Disqus