Waspada Gunung Tangkuban Perahu Retak, Bisa Meletus Sewaktu-waktu

73246407Eramuslim.com – Setelah terjadinya peristiwa kegempaan pada 30-31 Desember lalu yang menyebabkan terjadinya retakan di kawah Gunung Tangkuban Perahu, Jawa Barat, maka kini retakan itu kian besar dan panjang. Retakan baru berbentuk seperti bintang mercy kini muncul di dasar Kawah Ratu. Kepala Sub Bidang Pengamatan dan Penyelidikan Gunung Api Wilayah Barat PVMBG, Hendra Gunawan mengatakan, pihaknya sedang mengevaluasi retakan yang berada di pusat kawah.

“Retakan dengan panjang sekitar 25 hingga 50 meter muncul setelah krisis kegempaan di gunung Tangkuban Perahu pada 30-31 Desember 2014. (Hal itu) ketahuan pada tanggal 2 Januari, pukul 06.58 WIB,” ujar Hendra, Sabtu (3/1/2015). Retakan ini, lanjutnya, baru dan bukan dari lubang kepundan  yang selama ini mengeluarkan asap dan meletus Oktober 2013 lalu.

Untuk menghadapinya, PVMBG semakin mengintensifkan upaya pengamatan dan menganalisis kegempaan terkait adanya retakan ini, dengan memasang alat-alat baru untuk pemantauan. “Retakan ini bisa saja berpotensi meletus, tergantung dari tekanan dari bawah. Tapi kita tidak bisa bilang saat kekuatan gempa seberapa dan hari apa,” katanya. Untuk itu, pihaknya menghimbau agar masyarakat sekitar tetap waspada dan terus memantau perkembangan gunung tersebut. (rz)