WHO Desak Indonesia Stop Pakai Klorokuin sebagai Obat Pasien Corona

Eramuslim.com – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) dilaporkan telah mendesak Indonesia untuk menangguhkan sementara pemakaian klorokuin dan hidroksiklorokuin sebagai obat pasien virus corona, menurut laporan Reuters. Seorang narasumber Reuters yang tidak disebutkan namanya mengatakan, desakan tersebut diberikan seiring munculnya kekhawatiran terkait keamanan pasien yang diberikan obat anti-malaria tersebut.

Indonesia merupakan salah satu negara terbesar yang menganjurkan pemakaian klorokuin sebagai obat pasien COVID-19. Pada Maret 2020, Presiden Jokowi menyatakan bahwa Indonesia telah memesan 3 juta klorokuin. Pemerintah juga telah mengeluarkan 2 lusin lisensi kepada manufaktur lokal untuk mempercepat produksi klorokuin di dalam negeri.

WHO sendiri telah menghentikan sementara uji klinis obat klorokuin dan hidroksiklorokuin untuk perawatan pasien virus corona COVID-19 pada Senin (25/5). Keputusan itu diambil setelah sebuah riset terbaru di jurnal medis The Lancet menemukan bahwa pasien COVID-19 dalam kondisi parah yang diberikan obat hidroksiklorokuin dan klorokuin lebih berisiko meninggal dunia.