YouTuber Singapura Dinilai Sebarkan Hoax tentang UAS, Jadi Sasaran Kecaman dan RAS Umat Islam RI

eramuslim.com – Seorang YouTuber asal Singapura, Johannes Liong, sedang memicu kemarahan umat Islam di Republik Indonesia (RI) yang juga pendukung serta simpatisan Ustaz Abdul Somad.

Pasalnya, YouTuber itu membuat video-video yang dinilai berkonten provokatif, mengandung ujaran kebencian, bahkan cenderung hoax dan fitnah, karena dari judul-judulnya pun patut diduga mengandung ketidakbenaran.

Cover-cover video itu pun dapat memancing emosional pendukung UAS, karena menggambarkan UAS ditangkap Densus 88 Antiteror dengan memakai baju tahanan berwarna oranye, UAS ditangkap polisi dengan mengenakan baju tahanan yang juga berwarna oranye, dan lain-lain.

Misalnya video yang di akunnya, yakni johannes Liong, diberi judul “TONTON SEKARANG!! TERBONGKAR KEMESUMAN UAS DI BALIK TANGISAN ABDUL SOMAD, AHOK BONGKAR ULAMA PALSU”, dan di awal video diberi judul “USTAD BAJINGAN KETAHUAN MESUM”.

Baik judul pertama dan kedua patut diduga hoax, karena UAS bukan ulama palsu, dan UAS juga tidak pernah tertangkap basah sedang mesum.

Video ini diberi cover UAS ditangkap Densus dengan memakai baju tahanan berwarna oranye.