Inilah Negara-Negara Yang Memulai Ibadah Puasa Pada Hari Selasa Ini

RAMADHAN KariemEramuslim – Minggu 5 Juni 2016, sebanyak 18 negara-negara Arab, termasuk Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam, mengumumkan serentak bahwa ibadah puasa di bulan suci Ramadhan tahun 1437 Hijriyah jatuh mulai hari Senin (06/06) kemarin.

Tentunya hal ini tidak di ikuti oleh sejumlah negara yang menyatakan bahwa puasa di bulan Ramadhan jatuh mulai hari Selasa (07/06) ini, setelah menggenapkan bulan Syawal menjadi 30 hari.

Lalu negara mana saja yang baru memulai ibadah puasa di hari ini? berikut rangkumannya untuk anda:

Kesultanan Oman

Oman menjadi satu-satunya negara Teluk yang mengambil keputusan berbeda dari konsensus Gulf Cooperation Council (GCC) dalam deklarasi awal bulan Ramadhan. Komite Utama untuk penampakan hilal dalam pernyataan resminya dan disetujui negara menyatakan bahwa hari Selasa adalah hari pertama puasa di bulan suci Ramadhan.

Maroko

Lain lagi dengan Maroko yang menjadi satu-satunya negara di kawasan utara Benua Afrika yang berbeda dalam penentuan awal bulan suci Ramadhan.

Dalam keterangan pers Kementerian Wakaf dan Urusan Islam Maroko mengumumkan bahwa hari pertama Ramadhan jatuh pada hari Selasa ini. (Rassd/Ram)