NSA Sematkan Spyware Khusus Dalam Aplikasi Handphone Untuk Sadap Informasi Pengguna

angry birdSurat kabar Inggris, The Guardian, dalam laporan terbarunya menyatakan bahwa US National Security Agency (NSA) telah mengembangkan teknologi yang memungkinkan mereka untuk mendapatkan akses informasi pribadi pengguna ponsel.

Menurut The Guardian, NSA nantinya dapat menempatkan spyware tersebut dalam ponsel pintar seperti aplikasi permainan Angry Birds dan yang lainnya, yang dapat mengakses informasi pengguna ponsel tersebut seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi keberadaan.

Guardian juga menyatakan bahwa dalam spyware yang disematkan dalam aplikasi ponsel pintar oleh NSA dapat memberikan informasi lebih mendetail menurut dokumen yang dibocorkan oleh Edward Snowden. Dalam bocoran dokumen tersebut, NSA telah menghabiskan dana lebih dari satu miliar dolar dalam mendukung spyware khusus yang menargetkan smartphone.

Laporan itu menunjukkan bahwa sekali pengguna ponsel pintar membuka aplikasi tambahan yang disematkan spyware tersebut dalam handphone, maka NSA dapat mengumpulkan informasi seperti kontak di telepon pengguna, alamat e –mail, lokasi pengguna, usia, jenis kelamin dan informasi penting lainnya. (Alarabiya/Ram)