free hit counters
 

Al Zahrawi, Ilmuwan Muslim Penemu Operasi Caesar

zahid – Jumat, 8 Mei 2020 16:00 WIB

Eramuslim РILMUWAN Muslim terbukti menjadi pionier di beberapa bidang keilmuan. Sebut saja pakar medis Ibnu Sina yang dijuluki Bapak Kedokteran Modern. Selain Ibnu Sina, tokoh muslim yang memiliki peran penting dalam dunia medis adalah Abu al Qasim al Zahrawi. Ia dijuluki Bapak Operasi Pembedahan.

Menurut laman TRT World, Abu al Qasim al Zahrawi menemukan lebih dari 200 alat bedah di abad ke-11, yang mana dari temuannya tersebut banyak nyawa terselamatkan. Namun sayang, dia tak diberi kredit yang cukup untuk penemuannya tersebut.

Salah satu buku Al Zahrawi yang sangat terkenal adalah Al Tasrif. Atau ensiklopedia bergambar alat bedah yang digunakan sebagai panduan di universitas-universitas Eropa, selama lebih dari 500 tahun.

Karya ini pun diketahui berhasil mempengaruhi perspektif ilmiah modern tentang operasi pembedahan dan berkontribusi pada Renaissance Eropa. Buku ini memiliki 30 bab, hasil dari 50 tahun praktik dan pengalaman medis pribadinya.



Al Zahrawi yang lahir pada 936 di El Zahra dekat Cordoba di Spanyol Selatan itu juga dikenal dengan nama Albucasis yang berasal dari Bahasa Latin. Prestasi dirinya yang tak kalah luar biasa adalah mendapat gelar ahli bedah terbesar di dunia Islam dan Abad Pertengahan.

Ia pun diketahui mempelopori penggunaan catgut (jenis tali yang dibuat dari serat alami biasanya menggunakan usus domba atau kambing), untuk jahitan internal dan instrumen bedah tersebut masih digunakan sampai sekarang.

Luar biasanya, Al Zahrawi diriwayatkan merupakan keturunan Al Ansar dari Madinah itu ternyata terinspirasi Rasulullah dalam menangani penyakit dan hal ini membuatnya menyelipkan apa yang dilakukan Rasulullah pada zamannya, salah satunya cara perawatan penyakit dan obat yang dipakai Rasul.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3

Historia Terbaru