free hit counters
 

Benteng Kaum Muslimin dan Tangguhnya Peradaban Islam

zahid – Rabu, 4 Zulhijjah 1440 H / 7 Agustus 2019 18:00 WIB

Benteng Aleppo

Bangunan megah dan kokoh ini mengelilingi sebuah istana di kota tua Aleppo di bagian utara Suriah. Benteng yang pernah diduduki oleh beberapa penguasa, seperti dari Yunani, Bizantium, Ayubiyah, dan Mamluk ini merupakan kastil tertua dan terluas di dunia.



Mayoritas bangunan yang bertahan hingga hari ini diperkirakan berasal dari periode Ayubiyah. Benteng Aleppo berbentuk elips dengan panjang sekitar 450 meter dan lebar 325 meter dengan ketinggian 50 meter dari kaki bukit. Ia dibangun dari blok besar batu gamping yang mengkilat. Batu-batu itu menancap kuat di bukit tersebut.

Benteng ini juga dikelilingi parit yang dialiri air untuk melindungi benteng dari penyelundup. Parit benteng itu berkedalaman 22 meter dan lebar 30 meter. Meski benteng ini merupakan peninggalan peradaban Islam, para arkeolog menemukan reruntuhan Zaman Romawi dan Bizantium yang diperkirakan berasal dari abad ke- 9 sebelum Masehi.

Diyakini, benteng ini awalnya dibangun oleh Bangsa Neo-Het Acropolis di atas sebuah bukit untuk melindungi daerah pertanian di sekitarnya. Seperti halnya Benteng Salahuddin, benteng ini pun telah beberapa kali menjalani proses penyempurnaan dan pemugaran. (rol)

← Halaman sebelumnya

Halaman 1 2 3

Historia Terbaru

blog comments powered by Disqus