free hit counters
 

Cerita Rombongan Presiden Soeharto Disuntik Vaksin

Redaksi – Kamis, 29 Jumadil Awwal 1442 H / 14 Januari 2021 11:10 WIB

Eramuslim.com – Rombongan Presiden Soeharto disuntik vaksin dalam kunjungan kenegaraan ke Afrika karena ada penyakit yang belum ditemukan obatnya.

*

Presiden Joko Widodo dan para pejabat negara serta figur publik menerima vaksinasi Covid-19 pada 13 Januari 2021. Vaksinasi ini untuk meyakinkan masyarakat agar bersedia divaksin yang akan diberikan dalam dua tahap. Tahap pertama (Januari–April 2021) vaksinasi diberikan kepada petugas kesehatan, petugas publik, dan lansia. Sedangkan tahap kedua (April 2021–Maret 2022) vaksinasi diberikan kepada masyarakat rentan dan masyarakat lainnya.

Melihat ke belakang, Presiden Soeharto dan rombongan juga pernah menerima vaksin dalam kasus khusus. Saat itu, Soeharto tengah mengadakan kunjungan kenegaraan ke beberapa negara.

J. Osdar, wartawan senior Kompas yang bertugas meliput kegiatan kenegaraan, menyebut perjalanan Soeharto itu terlama selama 25 hari dari 19 November sampai 14 Desember 1991. Negara-negara yang dikunjungi adalah Meksiko, Venezuela, Zimbabwe, Tanzania, dan Senegal. Persinggahan pertama perjalanan itu adalah Honolulu, Amerika Serikat. Tempat lain yang disinggahi adalah Cancun, Meksiko, dan Las Palmas.

Osdar dalam tulisannya di Kompas.com menyebutkan Soeharto melakukan kunjungan resmi di Mexico City (Meksiko), Harare (Zimbabwe), dan Tanzania. Di Senegal, dia memimpin delegasi Indonesia mengikuti Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Organisasi Konferensi Islam. Di Caracas (Venezuela), dia memimpin delegasi untuk KTT G-15 untuk Kerja Sama Selatan-Selatan ke-2. Perjalanan ke negara-negara anggota Non-Blok itu berkaitan dengan kampanye tuan rumah KTT Non-Blok di Jakarta, September 1992.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru