free hit counters
 

Ini 10 Pedang Nabi Muhammad SAW yang Tak Terkalahkan! (Bag.I)

zahid – Jumat, 26 Juli 2019 18:30 WIB

Eramuslim – Sesudah Nabi Muhammad SAW wafat ternyata banyak barang peninggalan beliau. Dari jubah, pedang, bahkan helai rambut janggut, dan patahan giginya pun menjadi barang peninggalan sejarah yang sekarang dimuseumkan.

Barang-barang tersebut yang menjadi saksi bisu perjuangan beliau dalam menegakkan ajaran Islam. Oleh karena itu sebagai umat Nabi Muhammad SAW kita harus mengetahui apa saja sisa peninggalannya.

Salah satunya adalah pedang Al-Ma’thur yang bisa kita lihat apabila mengunjungi Museum Topkapi di Istanbul, Turki. Tidak hanya itu saja, Nabi Muhammad masih meninggalkan 9 pedang lagi berdasarkan buku Syamail Muhammad SAW karya Imam At-Tirmidzi melansir dari video Islam Populer yang ada di Youtube:

1. Al-Ma’thur

Pedang ini dikenal dengan nama ‘Al Ma’thur al Fijar’. Pedang Al-Ma’thur merupakan pedang yang diterima Rasulullah sebelum beliau menerima wahyu pertamanya. Pedang ini juga merupakan pemberian dari ayah beliau yaitu Abdullah.



Saat berhijrah dari Mekah ke Madinah, Rasulullah membawa pedang ini hingga diberikan bersama dengan peralatan perang lainnya kepada Ali bin Abi Thalib.

Panjang pedang ini adalah 99 sentimeter. Pegangan pedang dilapisi dengan emerald dan perak dengan bentuk dua kepala ular. Di dekat pegangan pedang tersebut terdapat tulisan arab dengan lafaz ‘Abdullah bin Abd Al-Muthalib’. Pedang ini bisa dilihat di Museum Topkapi, Turki.

2. Al-Adb

Al-Adb berarti memotong atau tajam. Pedang ini dikirim kepada sahabat beliau sebelum perang Badar. Namun, pedang ini baru digunakan saat perang Uhud. Para pengikut dan sahabat Rasulullah menggunakan pedang ini sebagai tanda kesetiaan mereka terhadap beliau. Kini, pedang Al-Adb bisa dilihat di Mesjid Husain, Kairo, Mesir.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru