free hit counters
 

Mansa Musa, Manusia Terkaya yang Pernah Bawa 60.000 Orang Naik Haji

Redaksi – Rabu, 16 Sya'ban 1442 H / 31 Maret 2021 12:30 WIB

Eramuslim.com – Pernah dengar Mansa Musa? Dia adalah orang terkaya sepanjang masa yang merupakan penguasa Afrika Barat di abad ke-14.

Sosoknya sering disamakan dengan karakter fiksi di Marvel Comics, Black Panther yang merupakan raja dari Wakanda yang memiliki nama asli T’Challa.



Melansir History, Musa menjadi penguasa Kekaisaran Mali pada tahun 1312. Dia naik tahta setelah pendahulunya, Abu-Bakr II, hilang dalam perjalanan yang dia tempuh melalui laut di Samudra Atlantik.

Pemerintahan Musa datang pada saat negara-negara Eropa sedang berjuang karena perang saudara yang berkecamuk dan kurangnya sumber daya. Selama periode itu, Kekaisaran Mali berkembang berkat sumber daya alam yang melimpah seperti emas dan garam.

Di bawah pemerintahan Musa, kawasan kekuasaannya makmur dan tumbuh hingga menjangkau sebagian besar Afrika Barat. Wilayah kekuasaan terdiri dari pantai Atlantik hingga pusat perdagangan pedalaman Timbuktu dan sebagian Gurun Sahara.

Musa merupakan seorang Muslim yang taat. Dia pernah melakukan perjalanan ke Mekah untuk menunaikan ibadah haji. Dia berlayar sekitar 4.000 mil bersama 60.000 rombongannya yang terdiri dari tentara dan budak. Rombongan itu membawa ratusan pon emas yang diangkat menggunakan unta dan kuda.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

History Terbaru