free hit counters
 

Salim, Hatta, Duterte, Mobil Menteri: ‘Leiden Is Lijden’

Redaksi – Senin, 23 Zulhijjah 1440 H / 26 Agustus 2019 10:30 WIB

Eramuslim.com – Pagi ini ada yang membuat kaget ketika membaca laman media sosialnya, wartawan senior Tjahja Gunawan. Entah mengapa dia mulai gerah padahal biasanya setiap kali menulis nadanya selalu biasa dan datar saja. Tidak ada rasa menggebu, apalagi marah. Tapi kali ini menulis dengan nada pahit bin satire.

Dia menulis begini: Presiden Filipina Rodrigo Duterte berencana untuk mengganti sedan mewah dengan mobil harga terjangkau untuk digunakan menteri-menterinya. Kendaraan yang dipilih untuk para menteri di bawah kepemimpinannya, yaitu MPVAvanza yang diproduksi di Indonesia dan diekspor ke Filipina oleh PT Astra Daihatsu Motor.

Duterte diketahui sebagai Presiden Filipina terpilih pada 2016 sempat mengumumkan bila pemerintahannya bakal menghemat anggaran belanja negara, salah satunya meliputi pengadaan mobil para menteri.

Sementara itu pengadaan mobil-mobil baru untuk para menteri di bawah era Presiden Joko Widodo menghabiskan dana senilai Rp 147,229 miliar yang dipangkas dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2019. Pada laman lain harga mobil menteri dan pejabat setingkat menteri periode 2019-2024 dipekirakan mencapai Rp 1,3 milyar. Mobil yang dipakainya ini adalahToyota Crown 2,5 HV G-Executive.

Adanya tulisan Tahja maka saya pun lansung melakukan verivikasi di laman situs berita yang lain. Ternyata apa yang dkeluhkan Thahja benar adanya. Berbeda dengan Indonesia, para menteri di Filipina oleh Presiden Duterte malah diharuskan memakai mobil rakyat buatan Indonesia. Mobil mewah mereka tak dapat jatah lagi. Bahkan Duterte menyatakan akan memotong jatah perjalanan dinas menterinya, misalnya tak lagi bisa naik pesawat kelas bisnis.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Historia Terbaru

blog comments powered by Disqus