free hit counters
 

Sejarah dan Peran Madrasah di Era Kekaisaran Ottoman Turki

zahid – Minggu, 21 Juli 2019 14:30 WIB

Eramuslim – Madrasah era Kekaisaran Ottoman Turki pada umumnya merupakan kelanjutan dari madrasah Islam tradisional. Namun Madrasah Ottoman menciptakan kurikulum dan tradisi pendidikan mereka sendiri.

Sering dianggap tertinggal, tidak relevan, dan terpisah dari kenyataan, pendidikan ala madrasah dianggap sebagai sisa-sisa dari Kekaisaran Ottoman yang telah runtuh. Namun sesungguhnya madrasah merupakan salah satu metode pendidikan yang bagus.

Di masyarakat Ottoman, madrasah memiliki peran utama sebagai bagian dari fondasi sosial Ottoman dan kekuatan politik yang mengaturnya. Keduanya penting untuk kekuatan bangsa dan negara masyarakat. Sayangnya fakta ini mulai dilupakan orang.



Dilansir dari Muslim Heritage, Jumat (19/7/2019), sebuah studi tentang madrasah Ottoman mengungkap fakta yang mengejutkan tentang kelengkapan dan dinamisme metode pendidikan yang bagus ala madrasah.

Pendekatan Kekaisaran Ottoman terhadap madrasah dapat dilihat dalam dokumen resmi, mereka menunjukkan tujuan pendidikan yaitu mengejar ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan, diikuti oleh penjelasan tentang kebajikan, bakat, agama dan syariat, serta pengembangan kemampuan dan keahlian umat manusia.

Madrasah Ottoman juga menyediakan pendidikan, budaya, dan pandangan dunia yang sama di antara mosaik umat Muslim dari beragam etnis. Mereka juga berfungsi untuk memastikan kesetaraan kesempatan dalam pendidikan bagi setiap orang, serta menyediakan mobilitas di antara berbagai kalangan masyarakat.

Madrasah adalah bagian dari kehidupan sosial, bertumpu pada landasan intelektual yang sama, dan berbagi pandangan dunia yang sama yang didasarkan pada pendirian keagamaan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru

blog comments powered by Disqus