free hit counters
 

Sejarah Penemuan Blackbox Pesawat

Redaksi – Rabu, 28 Jumadil Awwal 1442 H / 13 Januari 2021 13:31 WIB

Eramulsim.com – Kotak hitam atau black box pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara telah ditemukan Selasa (12/1).

Kotak yang selalu dicari ketika terjadi sebuah tragedi kecelakaan ini dapat menginformasikan semua kegiatan pesawat termasuk tekanan udara hingga kondisi cuaca selama penerbangan. Sebagian besar, penyebab kecelakaan pesawat terbang dapat diketahui melalui black box.

Dibalik peranan pentingnya dalam sebuah penerbangan, sebagian orang tidak mengetahui sosok dibalik penemuan kotak hitam. Dilansir dari Thoughtco, penemu black box merupakan laki-laki asal Australia bersama David Warren.

Kecelakaan pesawat yang terjadi terhadap ayahnya pada 1934 membuat Warren berkeinginan menciptakan perekam data penerbangan.

Warren lahir pada 1925 di Groote Eylandt, sebuah pulau di lepas pantai utara Australia. Pada 1950 an, Warren bekerja untuk Aeronautical Research Laboratories di Melbourne.

Melansir ABC News, sekitar 7 tahun kemudian dia menyelesaikan prototipe pertamanya yang disebut ‘Memory Unit’. Sayangnya, penemuan tersebut lebih banyak mengundang kritik dibandingkan pujian.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru