free hit counters
 

Sejarah Nanggroe Atjeh Darussalam (8)

Redaksi – Jumat, 31 Mei 2019 20:00 WIB

Masa keemasan kerajaan Aceh Darussalam yang pernah begitu gemerlap di saat kekuasaan Sultan Iskandar Muda memang terus menurun setelah itu. Di masa kepemimpinan Ratu Safiatuddin, kekuatan armada perangnya di laut mengalami penurunan yang cukup signifikan. Namun perkembangan kehidupan intelektual di kerajaan Aceh malah menunjukkan peningkatan yang juga sangat menyolok. Ini memang bisa dimaklumi mengingat Ratu Safiatuddin bukanlah seorang ahli militer, namun lebih kepada intelektual. Walau demikian, sikap Ratu Safiatuddin terhadap Belanda dan pihak-pihak asing yang memiliki itikad tidak baik terhadap Aceh Darussalam sangatlah keras. Belanda pun tidak bisa begitu saja memandang remeh Aceh di masa kekuasaan sang ratu.

Diserahkannya Kota Malaka oleh Gubernur Portugis Manuel de Sousa kepada kekuasaan VOC belanda setelah dikuasai 130 tahun menandai era baru dalam peta perdagangan Indonesia bagian Barat. Ratu Safiatuddin sendiri baru dilantik sebulan sesudah peristiwa itu, tepatnya tanggal 15 Februari 1641.

Armada laut Belanda yang begitu kuat akhirnya berhasil menguasai pengawasan jalur laut di Selat Malaka. Armada laut Aceh hanya mampu mengawasi di bagian pesisir timur Sumatera. Jelas, wilayah kerajaan Aceh Darussalam yang berada di seberang Selat Malaka seperti Perak, Kedah, Pahang, dan Trengganu yang kaya akan hasil bumi seperti timah terancam dan menjadi incaran Belanda. Bukan itu saja, Belanda juga bernafsu untuk menguasai wilayah kekuasaan Aceh Darussalam di bagian timur Sumatera seperti Lankat, Deli-Serdang, Asahan, Labuhan Batu, Siak, Seri Indrapura, dan sekitarnya yang kaya dengan bahan mentah dan subur tanahnya.

voc

Dengan licik Belanda melakukan berbagai tipu daya. Dari diplomasi halus, rayuan, gertak, ancaman, adu domba, hingga menyelundupkan kaki tangannya untuk menimbulkan pemberontakan di daerah-daerah Aceh Darussalam yang jauh dari ibukota Kutaraja.

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Historia Terbaru