free hit counters
 

Willy Amrull Sang Pendeta, Adik Buya Hamka

Redaksi – Minggu, 17 Januari 2021 19:10 WIB

eramuslim.com

Oleh: Iswara N Raditya

Hamka dikenal sebagai ulama besar di Indonesia, sedangkan adiknya, Awka, adalah seorang pendeta di Amerika.“Dia adalah adikku Abdul Wadud Karim Amrullah. Di Amerika, dipakainya nama ala Barat, Willy Amrull,” demikian tulis Buya Hamka dalam buku Empat Bulan di Amerika (1953:45) yang menuturkan saat dirinya membantu sang adik mencari pekerjaan di San Francisco pada 1952.Abdul Wadud Karim Amrullah (Awka) adalah saudara  Abdul Malik Karim Amrullah (HAMKA) seayah namun lain ibu. Seperti penuturan Hamka, adiknya memang sudah memakai nama Willy Amrull agar mudah bergaul dengan orang-orang di negeri Paman Sam. Nanti, 30 tahun kelak, nama itu dikenal sebagai seorang pendeta. Ya, Pendeta Willy Amrull.

Kisah Hamka dan Awka

Awka “bertukar agama” pada 1983, dua tahun setelah Hamka wafat. Sepanjang hidupnya, Hamka telah terpatri sebagai sosok ulama besar yang gigih membela Islam dan sangat tegas dalam hal akidah tanpa kompromi.

“Kita sebagai ulama telah menjual diri kita kepada Allah, tidak bisa dijual lagi kepada pihak manapun!” tegas Hamka setelah dilantik sebagai Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) pada 1975 (Artawijaya, Hidayatullah, 2 Juli 2013).

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4

Historia Terbaru