Obama Kembali Jualan Senjata Ke 4 Negara Sekutu Di Dunia Arab

apache-asEramuslim – Pemerintah Presiden Barack Obama kembali berhasil menjual senjata dan peralatan militer senilai 7 miliar dolar AS kepada 4 negara Arab, ditengah memanasnya situasi di Dunia Arab akibat konflik Suriah, Irak dan Yaman.

Pembelian senilai 7 miliar dolar AS meliputi penyediaan helikopter militer, pesawat dan rudal untuk empat negara Arab yang menjadi sekutu pemerintah, ujar Departemen Luar Negeri AS dalam keterangannya hari Kamis (8/12).

Berikut info keempat negara Arab tersebut dengan jumlah pembeliannya:

1. Ditempat pertama ada Arab Saudi dengan pembelian senjata mencapai angka 3,51 miliar dolar AS untuk membeli 48 heli tempur angkut Boeing CH-47 Chinook lengkap dengan persenjatan dan mesin cadangannya.

Rencananya perusahaan “Boeing” dan “Honeywell Aerospace” sebagai pemenang tender akan membuat heli-heli tersebut di Arab Saudi berkerjasama dengan pihak swasta.

2. Ditempat kedua ada Uni Emirat Arab dengan total pembelian mencapai 3,5 miliar dolar AS untuk 27 helikopter serang Apache IH-64A produksi “Boeing” dan “Lockheed Martin” lengkap dengan persenjataan dan peralatan pendukung.

3. Ditempat ketiga ada Qatar dengan pesanan 8 pesawat delapan kargo Model “C-17” serta mesin cadangan dengan nilai kontrak pembelian mencapai 781 juta dolar AS.

4. Sedangkan Maroko berada di urutan keempat dengan nilai pembelian mencapai 108 juta dolar AS untuk 1.200 rudal anti-tank TOW 2A yang diproduksi oleh perusahaan Amerika “Raytheon”. (Arabicsputnik/Ram)