OCHA: Dalam 4 Bulan 87.000 Muslim Rohingya Mengungsi ke Luar Negeri

calon-pejuang-rohingyaEramuslim – Badan PBB untuk Koordinasi Urusan Kemanusiaan (OCHA) melaporkan sebanyak 87 ribu Muslim Rohingya telah mengungsi dari provinsi Rakhine sejak diberlakukannya operasi militer Myanmar pada awal Oktober tahun 2016 kemarin.

“Sekitar 21 ribu orang setidaknya mengungsi ke bagian utara provinsi Rakhine menghindari kekejaman tentara militer Myanmar,” tulis OCHA dalam laporan pekanan yang diterbitkan pada hari Senin (23/01) kemarin.

OCHA melanjutkan, “ Jumlah minoritas Muslim Rohingya yang telah menyeberangi perbatasan Bangladesh hingga hari ini mencapai angka sekitar 66 ribu orang,” seraya menyayangkan sikap pemerintah Myanmar yang terus mencegah tim internasional menuju sejumlah daerah yang bermasalah.

Operasi militer di provinsi Rakhine bermula ketika terjadi pembunuhan sembilan polisi perbatasan Myanmar yang diduga dilakukan Muslim Rohingya pada 9 Oktober 2016.

Sejak saat itu militer Myanmar melakukan operasi militer di Rakhine dan negara bagian tersebut dinyatakan tertutup bagi media, termasuk lembaga bantuan dan kemanusiaan asing. (Anatolia/Ram)