Kini Jelas Alasan Singapura “Cekal” UAS: Islamofobia!

*Prof Dr Pierre Suteki SH MHum, UNDIP*

KINI JELAS ALASAN SINGAPURA “CEKAL” UAS: ISLAMOFOBIA!

Pierre Suteki

Eramuslim.com – Sebagaimana dikabarkan oleh beberapa media massa, Ustaz Abdul Somad atau UAS meminta penjelasan kepada pemerintah Singapura, termasuk Duta Besar Singapura di Indonesia terkait insiden dirinya bersama keluarga dan sahabatnya ditolak masuk ke Singapura melalui Pelabuhan Tanah Merah, Singapura pada Senin, 16 Mei 2022.

Sebelumnya, UAS mengaku pihak imigrasi Singapura tidak memberikan penjelasan apapun kenapa dia ditolak masuk Singapura. Hingga akhirnya UAS bersama istri-anak, sahabat berserta keluarganya dideportasi dari Singapura pada Senin sore. Sementara itu  Tempo mengeluarkan berita :  “Dubes RI di Singapura: Ustad Abdul Somad Tak Dideportasi”. UAS tidak dideportasi tetapi tidak mendapatkan izin masuk Ke Singapura sehingga diminta untuk kembali.

Mengenai definisi deportasi, kalau saya cek KBBI:  deportasi/de·por·ta·si/ /déportasi/ n yakni pembuangan, pengasingan, atau pengusiran seseorang ke luar suatu negeri sebagai hukuman, atau karena orang itu tidak berhak tinggal di situ.

Mendeportasi/men·de·por·ta·si/ v memulangkan ke negara asal; mengusir: Direktorat Jenderal Imigrasi baru-baru ini telah ~ sejumlah warga negara asing yang memasuki wilayah RI secara tidak sah;