free hit counters
 

Pendukung Jokowi Mulai Merapat Ke Anies?

Redaksi – Kamis, 16 Ramadhan 1442 H / 29 April 2021 19:00 WIB

Eramuslim.com – TAHUN 2024, periode Jokowi selesai. Kepemimpinan bangsa bergilir, dan harus berganti melalui mekanisme demokrasi yang disebut dengan pemilu. Meski sejumlah nama kandidat muncul, namun nama Anies Baswedan, Gubernur DKI ini kelihatannya paling populer.

Beberapa postingan survei berupaya mengganjal Anies via media, tetapi sejumlah survei yang tidak dipublish kabarnya bocor dan telah menjadi pembicaraan para wartawan dan analis politik. Anies unggul.

Bagi parpol, siapa yang berpotensi menang akan didukung. Ini sikap yang paling realistis. Setiap parpol akan menyelamatkan elektabilitasnya melalui dukungan terhadap capres terkuat. Dengan mengusung capres terkuat, coat-tail effect terjadi.

Selain coat-tail effect, parpol pengusung juga mendapat “ghonimah effect”. Jatah menteri atau jatah-jatah lain di struktur kekuasaan.

Hal yang lazim terjadi di negara yang menganut sistem multipartai. Membentuk koalisi, lalu menang, maka secara bersama-sama sejumlah kader partai ikut ambil peran di pemerintahan.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Opini Terbaru