Piagam Jakarta adalah Kompromi Bangsa

Meskipun ada AA Maramis yang beragama Kristen rumusan sila pertama yang ditetapkan 22 Juni 1945 itu tidak dirasakan sebagai masalah. Moh Hatta menulis dalam “Mohammad Hatta : Memoir” bahwa “Mr Maramis.. tidak merasakan bahwa penetapan itu adalah diskriminasi”.

Akhirnya dalam Sidang PPKI 18 Agustus 1945 sebagaimana diketahui “tujuh kata” sila pertama Pancasila itu dihapus. Dengan proses penghapusan yang  juga alot dan dramatis bahkan mungkin kontroversial. Namun kubu Islam akhirnya memahami dan dapat menerima “Ketuhanan Yang Maha Esa”.

Pancasila adalah hadiah dari umat Islam.

Rumusan Pancasila 18 Agustus 1945 telah dinyatakan final sebagai “konsensus kedua” setelah 22 Juni 1945. Bangsa Indonesia berpedoman pada rumusan akhir ini.

Masalahnya adalah adapula yang mencoba menarik ke area beda pandangan atau konflik masa lalu yaitu dengan adanya penetapan 1Juni sebagai “hari lahir Pancasila” bahkan melalui Keputusan Presiden segala. Hal ini bertautan dengan upaya melemahkan makna Pancasila 18 Agustus 1945 khususnya dalam kaitan dengan sejarah dan peran umat Islam.