Salam Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D, Oleh: Irene Radjiman (muallaf)


Salam Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D

Oleh: Irene Radjiman (muallaf)

Eramuslim.com – Perkenalkan saya Irene Radjiman. Saya baru mulai belajar Islam pada th 2010. Masih dini lah mengenal Islam baru 12 tahun. Saya mengawali karier menjadi pramugari hajji di th 2001. Kemudian menjadi pramugari reguler di th 2003 hingga 2013. Masih bergelut di dunia penerbangan hingga th 2014. Kemudian pada th 2015 saya menjadi trainer disebuah perusahaan konsultan otomotif yang berpusat di Australi. Th 2016 hingga th 2020 saya kembali lagi ke dunia penerbangan sebagai Training Facilitator di Sekolah Pilot Aero Flyer Institute.

Di sekolah pilot tersebut, saya mengajar materi CRM (Crew Resources Management), dimana pelatihan ini adalah mandatory bagi pilot dan pramugari di semua maskapai penerbangan, baik luar maupun dalam negeri. Sesuai perintah CASR (Civil Aviation Safety Regulation), para pilot dan pramugari harus memperbarui lisence CRM mereka sebelum batas waktu 12 bulan kalender, ini dinamakan recurrent.

Saya bukan mau SKSD (Sok Kenal Sok Dekat) memperkenalkan diri saya pada anda tentang latar belakang saya. Saya hanya mau mengatakan bahwa sejak th 2011, saya sudah mengenakan jilbab yang anda sebut sebagai pakaian manusia gurun. Namun pakaian gurun itu tidak membuat sekolah pilot itu menolak saya mengajar disana, karena mereka sudah tahu kapabilitas saya didunia penerbangan. Anda bisa cek dokumentasi kegiatan saya saat masih mengajar para siswa pilot itu. Diantara mereka banyak yang sudah berkarya di maskapai dalam dan luar negeri.

Anda mungkin juga perlu tahu Shahnaz Laghari yang berasal dari Pakistan. Namanya masuk dalam Guinness Book of World Record karena menjadi perempuan pertama yang menerbangkan pesawat dengan mengenakan jilbab dan bercadar.  Laghari adalah seorang pilot terlatih dan benar-benar dapat menerbangkan pesawat.