Sudi Jawa

sharethis sharing button

Sudi Jawa

Sudi Silalahi/Net

Oleh : Dahlan Iskan

GELARNYA tidak hanya Jenderal Batak dari Tanah Jawa. Juga tidak hanya pangkat terakhirnya yang Letnan Jenderal. Atau jabatannya yang sampai Menteri Sekretaris Negara.

Sudi Silalahi juga kami kenal sebagai salah satu menteri yang paling rajin shalat. Bahkan seperti dituturkan Dipo Alam: hanya Pak Sudi yang berani mengingatkan Presiden SBY. Yakni ketika sudah tiba waktunya shalat Jumat.

“Hanya Pak Sudi yang berani. Saya tidak berani. Pak Hatta pun tidak berani,” ujar Dipo Alam, mantan Ketua Dewan Mahasiswa Universitas Indonesia yang kemudian menjabat Sekretaris Kabinet.

”Pak Hatta” yang dimaksud adalah Hatta Rajasa, Menko Perekonomian yang kemudian menjadi besan Pak SBY.

Sudi Silalahi meninggal Senin malam (25/10) di RSPAD Gatot Subroto Jakarta. Sudi dirawat di situ selama satu Minggu. Awalnya menggembirakan. Membaik. Senin pagi sudah kelihatan sehat. Sudah bercanda dengan cucunya.

Senin malam Sudi memanggil anak laki-lakinya. Sang anak kaget. Demikian juga istrinya. Di situ Sudi menyampaikan banyak pesan: agar rajin shalat, berbuat baik, dan rukun.

Dari nada pesannya, Sudi seperti mengisyaratkan akan meninggal dunia. Anak dan istrinya menangis. Beberapa jam kemudian Sudi meninggal dunia.

Saya sendiri sudah lama tidak bertemu Pak Sudi. Memang beberapa kali ada pertemuan semacam reuni anggota kabinet Presiden SBY. Tapi saya baru sekali bisa hadir –sekitar 4 tahun lalu.