IS Pindahkan Ibukota Dari Raqqa Ke Deir Al-Zour

Eramuslim – Organisasi Negara Islam dikabarkan telah memindahkan ibukotanya dari kota Raqqa, Suriah ke Deir Al-Zour, dekat dengan perbatasan Irak. Kebijakan ini diambil Islamic State setelah kerugian besar yang diterima dalam beberapa waktu terakhir.

Seperti dikutip kantor berita Fox dari sumber pejabat di Departemen Pertahanan AS (Pentagon) yang minta dirahasiakan identitasnya mengatakan, “Ratusan pejabat dan pemimpin organisasi negara Islam telah meninggalkan kota Raqqa sejak 2 bulan terakhir. Mereka berjalan ke kota Mayadin yang berada 50 kilometer tenggara kota Deir Al-Zour.”

Sumber Pentagon menyebut Organisasi Negara Islam paham bahwa perpindahan ini tidak akan membebaskan para pemimpin mereka dari penargetan militer AS.

Sumber tersebut menjelaskan bahwa informasi ini diperoleh dari data pesawat pengintai AS yang berkeliaran di kawasan yang mendeteksi ratusan pelarian orang bersenjata dan para pemimpin Organisasi Negara Islam dari kota Raqqa.

Sejak akhir tahun 2016, Koalisi sekutu Internasional yang dipimpin Amerika Serikat terus melakukan serangan intensif menargetkan Raqqa yang menjadi ibukota dari Organisasi Negara Islam di Suriah.

Tercatat dalam serangan di pekan kemarin dalah seorang pemimpin senior IS,  Abdul Rahman Uzbek, rekan dekat dari al-Baghdadi, gugur dalam operasi senyap yang dilakukan pasukan Amerika Serikat dan koalisi internasional di kota Raqqa. (Rassd/Ram)