Pabrik Cina di Myanmar Kembali Dibakar, Aparat Tembaki Rakyat, Tujuh Tewas

Di lingkungan Yangon lain, aktivis membakar bendera Cina, menurut gambar yang beredar di Facebook.

Cina dipandang demonstran Myanmar mendukung junta militer, dan bulan lalu ada serangan pembakaran terhadap 32 pabrik yang diinvestasikan Cina di Yangon.

Pada Selasa tiga gedung pemerintah: gedung pengadilan, gedung Kantor Departemen Administrasi Umum (GAD) cabang di Pinlebu, dan bekas kantor auditor jenderal, dibakar pada Selasa, menurut laporan Myanmar Now.

“Gedung pengadilan dan kantor GAD sudah lama dibangun dengan kayu,” kata seorang penduduk setempat kepada Myanmar Now. “Tapi kantor polisi tidak mudah terbakar,” kata warga lainnya, menambahkan bahwa pos polisi itu baru dibangun dengan semen.”

Jenderal Senior Min Aung Hlaing, kepala junta, mengatakan dalam sebuah pernyataan yang diterbitkan pada hari Rabu bahwa gerakan pembangkangan sipil atau CDM telah menghentikan pekerjaan rumah sakit, sekolah, jalan, perkantoran dan pabrik.

“Meski protes dilakukan di negara tetangga dan komunitas internasional, namun tidak merusak bisnis,” ujarnya. “CDM adalah aktivitas untuk menghancurkan negara.”

Menurut kelompok advokasi Association for Political Prisoners (AAPP), 581 orang, termasuk puluhan anak-anak, telah ditembak mati oleh pasukan dan polisi dalam kerusuhan hampir setiap hari sejak kudeta Myanmar, dan pasukan keamanan telah menangkap hampir 3.500 orang, dengan 2.750 masih tertahan. []