Sosiolog Norwegia: Amerika Akan Runtuh Setelah Tahun 2020

johan-galtungEramuslim – Profesor Ilmu Sosial Norwegia, Johan Galtung, memprediksi Amerika Serikat akan runtuh setelah tahun 2020 mendatang, dimana Presiden AS terpilih Donald Trump akan mempercepat proses tersebut.

“Saat ini Amerika Serikat telah memasuki tahap yang sangat kritis dengan terpilihnya Donald Trump sebagai Presiden AS ke 45,” tulis Johan dalam artikel terbitannya di surat kabar The Independent, Inggris.

Johan melanjutkan, “Berkuasanya Trump di Gedung Putih akan mempercepat runtuhnya Amerika Serikat. Saya memprediksi AS tidak akan berdiri setelah tahun 2020 karena akan runtuh.”

Menurutnya sikap dan kritik Trump terhadap Pakta Pertahanan Atalantik Utara (NATO) menunjukan Amerika tidak akan menjadi bagian besar dalam NATO. Sikap ini akan dibalas negara anggota NATO lainnya dengan enggan bekerja sama bersama Washington dalam perang apapun.

Perlu diketahui bahwa dalam buku Johan dengan judul “Jatuhnya kekaisaran Amerika, dan kemudian apa?” terbitan tahun 2009 memprediksi Amerika Serikat akan runtuh akibat fasisme yang berkembang di negara adidaya tersebut.

Dan hal ini telah muncul ketika Trump diumumkan sebagai pemenang pemilu AS pada 8 November lalu dimana permusuhan terhadap imigran muncul begitu kuat dan memecah kekuatan negara.

Mendapat julukan “bapak” dari bidang Studi Perdamaian, Johan Galtung pernah mendapatkan hadiah nobel atas prediksinya terhadap sejumlah peristiwa penting dunia seperti jatuhnya Uni Soviet, serangan 11 September dan revolusi  Tanayanman Cina. (Dostor/Ram)