Pakistan Kirim Pramuka Transgender Jadi Relawan Haji ?

Eramuslim – Untuk pertama kalinya pramuka transgender dari Pakistan mungkin akan berangkat sebagai relawan haji. Asosiasi Pramuka bagi Anak Laki-Laki Pakistan menerima 40 anggota transgendernya dengan pengambilan sumpah di Karachi pekan lalu, ujar Atif Amin Hussaini, kepala pramuka anak laki-laki di Provinsi Sindh bagian tenggara.

“Kami hak yang setara untuk semua dan kami bahagia bisa memasukkan komunitas trans dalam pramuka,” katanya. Mereka yang transgender mengalami pengucilan dari keluarga dan terkadang terjebak dalam prostitusi untuk menghidupi diri.

Hussaini mengatakan pramuka transgender bisa menjadi bagian dari relawan haji yang bisa dikirimkan mereka tiap tahunnya. “Kami sangat bangga mengirimkan mereka ke haji,” katanya, menambahkan kalau seleksi lebih dulu akan dilakukan.

Belum ada data resmi terkait populasi transgender di Pakistan. Namun, Trans Action Pakistan memperkirakan jumlahnya mencapai setengah juta orang di negara berpopulasi 190 juta orang. Di Pakistan, homoseksualitas adalah kejahatan.

Pakistan selama ini sudah menerima transgender dengan mengeluarkan paspor dengan simbol tambahan X untuk jenis kelamin ketiga sejak 2017. Sementara pengadilan sudah memasukkan kaum transgender sebagai perhitungan dalam sensus nasional untuk pertama kalinya, dilansir dari Reuters, Jumat (23/2). (rol)