Pemberontak Syiah Houthi Cegah Palang Merah Kirim Bantuan ke Penduduk Sipil

PMI-BulanXSabitXMerahEramuslim.com – Juru bicara Komite Palang Merah Internasional di Yaman, Marie Claire, menyatakan bahwa pemberontak Syiah Houthi sengaja mencegah konvoi bantuan kemanusiaan milik mereka untuk memasuki kota Aden.

Dalam keterangan Marie Claire melalui akun jejaring sosial Twitter mengatakan, “Pemberontak Syiah Houthi menghentikan konvoi bantuan kemanusiaan yang sedang dalam perjalanan ke kota Aden, mereka kemudian memaksa kami untuk segera kembali ke ibukota Sana’a.”

“Kami telah mendapat persetujuan sebelumnya dari berbagai pihak untuk mengirimkan bantuan ini kesejumlah wilayah yang terkena dampak perang, akan tetapi mereka kini mencegah kami ditengah perjalanan,” ujar Marie Claire

Menurut Marie ini adalah kedua kalinya pemberontak Syiah Houthi mencegah bantuan kemanusiaan ke wilayah yang dikuasai oleh pasukan pemerintah, setelah sebelumnya mencegah konvoi bantuan ke provinsi Marib.

Marie Claire menjelaskan bahwa bantuan tersebut akan ditujukan kepada Rumah Sakit di Aden yang menderita kekurangan parah obat-obatan, perlengkapan medis dan peralatan lainnya. (Shorouk/Ram)