Abbas Akan Hentikan Penggunaan Mata Uang Shekel di Wilayah Palestina

shekel Zionis IsraelEramuslim – Seorang anggota komite hubungan internasional gerakan pembebasan Palestina “Fatah” mengungkapkan rencana bertahap Otoritas Mahmoud Abbas untuk menghentikan penggunaan mata uang shekel Zionis Israel di wilayah Palestina.

“Rencana ini sedang dalam pembahasan Kementerian Ekonomi Palestina. Kami berencana menggantinya dengan mata uang dolar AS atau dinar Yordania,” ujar Nabil Sha’at dalam keteranganya di Radio Palestina pada Selasa (19/04) pagi.

Nabil Sha’at melanjutkan, “Kami masih mempelajari kemungkinanan ini karena pihak Zionis Israel ngotot tidak mau menggunakan mata uang dolar AS dan hanya menerima shekel untuk urusan perdagangan baik ditingkat negara maupun kehidupan masyarakat sehari-hari.”

Menurut Nabil pemerintah Otoritas Abbas berencana akan menghentikan penggunaan mata uang shekel Zionis Israel secara bertahap, karena kendala shekel yang masih menjadi mata uang utama dalam transaksi ekonomi di wilayah Palestina.

Informasi yang diperoleh menyatakan bahwa penggantian mata uang Palestina merupakan upaya bertahap pemutusan hubungan antara Otoritas Mahmoud Abbas dengan pemerintah Zionis Israel. (Sputnik/Ram)