Aksi Dukungan Terhadap Usamah bin Ladin di Gaza Dibubarkan Polisi Hamas

Penguasa Islam Hamas di Gaza pada hari Sabtu kemarin (7/5) membubarkan aksi kelompok Salafi Jihadi yang memprotes terhadap pembunuhan pemimpin Al Qaidah Usamah bin Ladin dalam serangan AS di Pakistan minggu ini.

Puluhan Salafi – konservatif Islam yang pernah bentrok dengan Hamas – berkumpul di lapangan utama Kota Gaza memegang poster bin Ladin dan meneriakkan "Kami memperingatkan anda Amerika, kami memperingatkan Anda Eropa."

Beberapa spanduk bertuliskan "Kami semua prajurit Anda Usamah" dan "Usamah masih hidup di dalam diri kami."

Pasukan polisi Hamas mengepung alun-alun, menghentikan para pengunjuk rasa dari berbaris melalui jalan-jalan dan memerintahkan mereka untuk membubarkan diri.

Pimpinan Hamas di Gaza Ismail Haniyah sebelumnya telah mengecam pembunuhan bin Ladin dengan menyebut hal itu sebagai pembunuhan "dari prajurit suci Arab."

Para analis mengatakan bahwa Haniyah mencoba untuk mendinginkan ketegangan Hamas dengan kelompok Salafi Jihadi yang menganggap Hamas terlalu moderat.

Hamas dan kelompok Salafi telah terperangkap dalam baku tembak dalam beberapa minggu terakhir.

Hamas, digolongkan oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa sebagai kelompok teroris atas tidnakan kekerasan mereka terhadap Israel, telah menandatangani kesepakatan kesatuan minggu ini di Kairo dengan gerakan Fatah yang lebih sekuler dibawah kepemimpnan Presiden Palestina Mahmoud Abbas. (fq/reu)